Kamis, 29 September 2011

Bisnis internasional

BISNIS INTERNASIONAL

Bisnis internasional dapat diartikan sebagai aktivitas yaitu berupa transaksi bisnis di antara lebih dari dua negara, individu perusahaan, kelompok perusahaan dan atau agen-agen internasional.
A.     Bbisnik domestik, aktivitas bisnis yang secara nyata di tujukan pada aktivitas bisnis dalam negeri.
B.     Bisnis internasional, bertindak lebih jauh lagi dari bisnis domestik dan bukan sekedar pemasaran ekspor akan tetapi lebih jauh terlibat dalam lingkungan pemasaran dalam negara tempat perusahaan tadi melakukan bisnis.
C.     Bisnis multinasional, dalam bisnis multinasional organisasi pemasaran internasional mulai dengan memfokuskan pada pemanfaatan pengalaman dan produk perusahaan. Perusahaan menyadari perbedaan dan keunikan.
D.    Bisnis global/transnasional,yaitu bisnis yang memfokuskan pada pemanfaatan asset, pengalaman,dan produk perusahaan secara global dan melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar unik berbeda dalam setiap negara.

AKTIFITAS BISNIS INTERNASIONAL
1.      Visible trade (merchendise export and import)
2.      Invisible trade (service export and import)
3.      International investment
4.      Licencing (lisensi)
5.      Waralaba(franchising)
6.      Management contract
KEKUATAN-KEKUATAN YANG MENDASARI BISNIS INTERNASIOAL
a.       Etnosentris adalah suatu asumsi atau keyakinan bahwa negeri asal sendirilah yang unggul.
b.      Polisentris adalah kebalikan dari etnosentris yaitu keyakinan yang di dasari bahwa setiap negara unik dan berbeda serta cara utuh meraih sukses di setiap negara adalah menyesuaikan diri dengan perbedaan unik dari setiap negara.
c.       Regiosentris dan geosentris merupakan perusahaan yang memandang wilayah regional dan seluruh dunia sebagai suatu pasar dan mencoba mengembangkan strategi pemasaran tepadu regional atau dunia.



ASPEK-ASPEK BISNIS INTERNASIONAL
·         Keunggulan absolut/absolute advantage
Merupakan keuntungan yang di miliki oleh suatu negara karena menghasilkan suatu produk dengan biaya lebih murah atau dengan produktivitas yang lebih tinggi daripada negara lain.
·         Keunggulan koparatif /comparativ adventage
Merupakan keuntungan yang di miliki oleh suatu negara karena dapat menghasilkan suatu produk secara lebih ekonomis dibandingkan dengan apabila negara tersebut berusaha menghasilkan produk lainnya.
·         Neraca pembayaran/balance of payment
Merupakan laporan yang memperlihatkan nilai ekspor dan impor serta menunjukan aliran pertukaran dana lainnya dari suatu negara dengan negara lainnya selama periode tertentu.
·         Neraca perdagangan/balance of trade
Merupakan antara nilai ekspor dengan nilai impor suatu negara pada periode tertentu, dimana neraca perdagangan merupakan bagian dari neraca pembayaran.
·         Kurs Valuta asing
Menunjukan jumlah uang yang di perlukan untuk memperoleh satu unit mata uang asing.

KURS PERTUKARAN VALUTA ASING DAPAT DI BEDAKAN MENJADI DUA JENIS YAITU:
·         Flexible/floating exchange rate
Yaitu kurs atau nilai pertukaran mata uang asing yang akan berubah secara otomatis dari waktu ke waktu. Tergantung pada perubahan penawaran,dan permintaan mata uang asing.
·         Fixed exchange rate
Yaitu kurs atau nilai pertukaran mata uang asing yang nilainya tetap dari waktu ke waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar